Masa kehamilan merupakan waktu dimana janin tumbuh dan berkembang. Sebagai seorang ibu hamil harus menjaga dengan baik pada masa kehamilan ini agar janin menjadi sehat. Anda tidak susah bingung tentang cara yang sebaiknya dilakukan untuk membuat perkembangan janin menjadi sehat. Pada artikel ini akan diberikan informasi pada Anda mengenai faktor yang mempengaruhi perkembangan janin. Tujuannya agar Anda bisa melihat beberapa faktor ini sebagai sebuah hal yang perlu untuk diperhatikan. Sehingga janin menjadi sehat dan berkembang dengan baik. Ada 4 faktor yang perlu diperhatikan. Diantaranya yang pertama adalah masalah asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Gizi punya pengaruh yang besar terhadap kesehatan kehamilan. Bahkan beberapa penelitian menunjukan kalau gizi ini nanti akan bisa mempengaruhi bayi yang akan dilahirkan, karena ada kemungkinan prematur kalau asupan gizi tidak dijaga dengan baik. Makanya banyak disarankan untuk ibu hamil selalu konsumsi makanan dengan kandungan gizi yang banyak. Lantaran, gizi bisa diperoleh dari makanan yang Anda konsumsi. Faktor kedua adalah masalah kesehatan fisik dan juga emosional ibu. Kondisi fisik bisa membuat perkembangan janin menyusut bahkan sampai beresiko keguguran. Untuk itulah aktivitas ibu hamil harus diperhatikan, sebaiknya menghindari aktivitas yang berat. Selain itu, kondisi emosional juga bisa berdampak pada kejiwaan janji. Jangan sampai ibu hamil mudah marah dan emosinya tak stabil. Penting untuk menjaga fisik dan emosi bagi ibu yang sedang mengandung.

Faktor yang mempengaruhi  perkembangan janin selanjutnya yakni  penyakit sang ibu. Terkadang seorang ibu yang sedang hamil mengidap sebuah penyakit. Masalah kesehatan fisik menjadi perhatikan penting pada faktor yang ketiga ini. Ibu hamil punya penyakit akan berpengaruh terhadap kandungan. Sebagai ibu hamil tentunya Ansa harus menjaga dengan baik kesehatanya pada masa kehamilannya. Ibu hamil sangat rawan tekena yang namanya penyakit. Di mana bebebepa penyakit seperti kolera, influenza, malaria atau sipilis bisa membuat janin lahir tidak sempurna atau cacat. Bahkan yang lebih buruk bisa berdampak terhadap kejadian. Apabila hal itu tidak ingin tejadi, maka jaga dengan baik kesehatan fisik agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Faktor keempat hindari obat-obatan, rokok dan alkohol. Ini sangat penting dalam menjaga kesehatan pada masa perkembangan janin. Sangat dilarang bila ibu hamil mengkonsumsi bebagai jenis obat dengan sembarangan. Karena ini akan berdampak pada terhambatnya tumbuh kembangnya organ tubuh bayi nantinya. Untuk yang gemar minum alkohol, sebaiknya tidak melakukanya saat masa kehamilan karna bisa menjurus pada keguruan atau kematian. Pengaruh lebih ringan lainnya membuat berat badan kecil atau prematur. Jadi jangan pernah mencoba mengkonsumsi 3 hal tadi dalam menjaga kehamilan. Lebih baik Anda menghindari dan mengkonsumi makanan yang punya gizi baik bagi janin.

Melihat beberapa faktor yang telah disebutkan tadi, bisa dibilang ibu adalah pemeran utama dalam mencapai perkembangan janin yang baik dan sehat. Ada yang mengatakan kalau ibu hamil sehat, maka bayi juga lahir dengan sehat pula. Makanan adalah sumber gizi dan nutrisi utama yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanya sebaiknya ibu hamil selalu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Tidak hanya itu saja, pengawasan terhadap aktivitas dan kegiatan juga perlu untuk diperhatikan. Sehingga proses kehamilan sampai masa kelahiran bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun. Semoga ini dapat dijadikan sumber informasi bagi ibu hamil atau siapapun yang membutuhkan.