Sejak dulu penggalangan dana selalu mengundang ide-ide kreatif. Misal dengan membuat konser amal, dimana pada konser tersebut mendatangkan selebriti terkenal, dan tiket penjualannya di donasikan untuk keperluan dana sosial.

Sekarang ini ada lebih banyak ide kreatif untuk membuat penggalangan dana menjadi lebih menarik. Salah satunya dengan membuat gimmick / event, sehingga lebih banyak menarik orang menjadi fundraiser atau donatur.

Berikut beberapa ide event kreatif yang bisa dibuat sehingga penggalangan dana menjadi lebih menarik:

  1. Event Running atau Fun Walk

Event Running atau Fun WalkSaat ini olahraga lari sedang menjadi tren. Hampir semua event running selalu ramai diikuti banyak peserta. Baik event running maupun fun walk bisa dimanfaatkan untuk membantu penggalangan dana.

Event ini bisa diselenggarkan sendiri atau bekerjasama dengan penyelenggara event. Pada umumnya kegiatan ini sudah banyak komunitasnya, jadi bisa meminta para anggotanya untuk menggalang dana sambal berlari. Untuk fun walk biasanya diikuti oleh keluarga, event nya lebih santai dan family oriented. Sama halnya dengan running, fun walk pun bisa jadi ajang penggalangan dana yang efektif.

  1. Mencukur Rambut

Mencukur RambutIde kreatif lain adalah sesimple mencukur rambut. Menggunduli rambut juga bisa jadi gimmick menarik yang bisa dicoba. Kita bisa menantang orang-orang untuk berani mencukur habis atau menggunduli rambutnya, sambil mengajak teman-temannya mendukung dengan berdonasi.

Gimmick menggunduli rambut juga diposisikan sebagai dukungan kepada adik-adik pejuang kanker yang harus botak karena kemoterapi.

  1. Personal Challenge

Selain event, kita juga bisa menggalang dana melalui kegiatan dalam bentuk tantangan personal atau “personal Challenge”. Secara online kita bisa melakukan campaign melalui media sosial dengan memberikan formula untuk setiap personal challenge yang kita lakukan. Formula yang umumnya digunakan adalah mengisi kalimat berikut:

“Jika donasi yang terkumpul mencapai . . ., saya akan melakukan . . .”

Tapi sebelum memulai campaign ini, Anda harus menetapkan tujuan penggalangan dana ini untuk apa. Misal untuk membantu anak-anak di daerah tertinggal, membangun jembatan di daerah terpencil dan lain sebagainya.

Sistem penggalangan dana seperti ini bisa mengandalkan donasi online untuk mempermudah para donatur mengikutinya.

Konsep personal challenge sangat efektif untuk menarik partisipasi dari anak muda (20-30 tahun). Untuk meningkatkan partisipasi, organisasi juga bisa membuat konsep kompetisi: fundraiser yang mengumpulkan donasi terbanyak bisa mendapatkan reward tertentu.

  1. Birthday Fundraising

Birthday FundraisingSalah satu ide kreatif yang bisa di terapkan untuk penggalangan dana adalah birthday fundraising. Ini adalah salah satu ide kreatif terbaik yang bisa digunakan untuk membawakan donasi untuk organisasi Anda. Konsep fundraising ini sederhana: jika selama ini kita merayakan ulang tahun untuk diri sendiri, kali ini kita merayakannya untuk orang lain. Jika sebelumnya meminta kado, yang berulang tahun kali ini justru meminta hadiah berupa donasi, yang akan diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Ide ini ternyata relatif mudah mendatangkan donasi dari teman-teman terdekat. Gerakan Birthday Fundraising pun terus berlanjut dan mudah diduplikasi, karena setiap orang berulang tahun dan setiap orang hanya perlu meminta hadiah kepada keluarga dan teman-temannya.

Organisasi hanya perlu mencari relawan atau supporter yang akan berulang tahun, dan memasangkannya dengan salah satu profil penerima manfaat dari Yayasan atau mengumpulkan donasi langsung untuk Yayasannya.

Birthday Fundraising merupakan salah satu strategi yang bisa diterapkan sepanjang tahun, karena kita hanya perlu menemukan ulang tahun supporter di tiap bulan yang berbeda.

Bagi kebanyakan orang, ide birthday fundraising sangat unik untuk merayakan ulang tahun secara berbeda, sehingga mudah untuk mencari orang yang mau merayakan ulang tahun dan menjadi fundraiser.